Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran

Written by Unknown on Senin, 26 November 2012 at 04.24



Tujuan penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan Media atau alat-alat modern bukan bermaksud mengganti cara mengajar yang baik,melainkan untuk melengkapi dan membantu dalam penyampaian materi atau informasi. Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran digunakan dengan tujuan :
a.         Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.
b.         Menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi .
c.         Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif.
     Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan Media bukan saja memberi manfaat bagi siswa ,tetapi juga bagi guru sebagai pengajar. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan media pembelajaran antara lain :
1)        Untuk memperlancar interaksi. Dalam hal ini keberadaan media merupakan medium antara pesan dengan siswa,antara guru dengan siswa. Dengan demikian kehadiran media akan meningkatkan kualitas interaksi baik itu interaksi guru dengan siswa,maupun interaksi siswa dengan siswa.
2)        Proses belajar menjadi lebih menarik. Dengan media pembelajaran dapat membangkitkan keingintahuan siswa,merangsang siswa untuk bereaksi terhadap penjelasan guru.
3)        Pengelolaan pembelajaran lebih efektif dan efisien .
4)        Meningkatkan kualitas belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien tetapi juga dapat membantu siswa menyerap materi pelajaran lebih dalam.
5)        Menimbulkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media dapat menyajikan pesan dengan konkrit disertai dengan contoh-contoh yang dapat  meyakinkan siswa akan kebenaran suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari.
            Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan memberi kontribusi terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Berbagai hasil penelitian pada intinya menyatakan bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan bantuan sangat besar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun demikian peran tenaga pengajar itu sendiri juga menentukan terhadap efektivitas penggunaan media dalam pembelajaran. Peran tersebut tercermin dari kemampuannya dalam memilih media yang digunakan. Secara umum pola penggunaan media pembelajaran dikelompokkan menjadi dua yaitu pola penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di luar kelas.
Pola penggunaan di dalam kelas atau pada pembelajaran tatap muka, media pembelajaran digunakan untuk menunjang penyajian materi pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami peserta didik yang pada akhirnya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dengan baik. Sedangkan pola penggunaan media pembelajaran di luar kelas, media pada umumnya digunakan untuk belajar mandiri dan belajar jarak jauh. Media yang digunakan antara lain modul, kaset/CD, VCD dan internet. Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.



1.      Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan tenaga pengajar pada langkah persiapannya yang pertama yaitu membuat rencana perencaan pelaksanaan pembelajaran. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dicantumkan media yang akan digunakan supaya terciptanya pembelajaran yang afektif. Kedua mempelajari buku petunjuk yang disediakan. Ketiga menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan.
2.      Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran harus meyakinkan apakah media dan peralatan telah lengkap dan siap digunakan, kemudian tenaga pengajar menjelaskan tujuan yang akan dicapai.
3.      Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi,  latihan dan tes.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran adanya persiapan, pelaksanaan/penyaji dan tindak lanjut. Dalam persiapan tersebut mengacu kepada tenaga pengajar supaya proses pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan efektif.

0 Responses to "Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran"

Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.