Tujuan penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan Media atau alat-alat modern bukan bermaksud mengganti cara
mengajar yang baik,melainkan untuk melengkapi dan membantu dalam penyampaian
materi atau informasi. Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah
membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran digunakan
dengan tujuan :
a.
Memberikan
pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa
untuk belajar.
b.
Menumbuhkan
sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi .
c.
Untuk
mewujudkan situasi belajar yang efektif.
Manfaat Media Pembelajaran
Penggunaan Media bukan saja memberi manfaat bagi siswa ,tetapi juga bagi
guru sebagai pengajar. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari
penggunaan media pembelajaran antara lain :
1)
Untuk
memperlancar interaksi. Dalam hal ini keberadaan media merupakan medium antara
pesan dengan siswa,antara guru dengan siswa. Dengan demikian kehadiran media
akan meningkatkan kualitas interaksi baik itu interaksi guru dengan
siswa,maupun interaksi siswa dengan siswa.
2)
Proses belajar
menjadi lebih menarik. Dengan media pembelajaran dapat membangkitkan
keingintahuan siswa,merangsang siswa untuk bereaksi terhadap penjelasan guru.
3)
Pengelolaan
pembelajaran lebih efektif dan efisien .
4)
Meningkatkan
kualitas belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya membuat
proses pembelajaran menjadi lebih efisien tetapi juga dapat membantu siswa
menyerap materi pelajaran lebih dalam.
5)
Menimbulkan
sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media
dapat menyajikan pesan dengan konkrit disertai dengan contoh-contoh yang
dapat meyakinkan siswa akan kebenaran
suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari.
Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan memberi
kontribusi terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Berbagai hasil penelitian
pada intinya menyatakan bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan
bantuan sangat besar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun
demikian peran tenaga pengajar itu sendiri juga menentukan terhadap efektivitas
penggunaan media dalam pembelajaran. Peran tersebut tercermin dari kemampuannya
dalam memilih media yang digunakan. Secara umum
pola penggunaan media pembelajaran dikelompokkan menjadi dua yaitu pola
penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di luar kelas.
Pola penggunaan di dalam kelas atau pada pembelajaran tatap muka, media
pembelajaran digunakan untuk menunjang penyajian materi pembelajaran sehingga
lebih mudah dipahami peserta didik yang pada akhirnya tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan dapat tercapai dengan baik. Sedangkan pola penggunaan media
pembelajaran di luar kelas, media pada umumnya digunakan untuk belajar mandiri
dan belajar jarak jauh. Media yang digunakan antara lain modul, kaset/CD, VCD
dan internet. Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara
efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga
langkah pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan
tindak lanjut.
1.
Persiapan
Persiapan
maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan
menggunakan media pembelajaran. Kegiatan
yang dilakukan tenaga pengajar pada langkah persiapannya yang pertama yaitu
membuat rencana perencaan pelaksanaan pembelajaran. Dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran dicantumkan media yang akan digunakan supaya terciptanya
pembelajaran yang afektif. Kedua mempelajari
buku petunjuk yang disediakan. Ketiga menyiapkan dan
mengatur peralatan yang akan digunakan.
2.
Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga
Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media
pembelajaran harus meyakinkan apakah media dan
peralatan telah lengkap dan siap digunakan, kemudian tenaga pengajar
menjelaskan tujuan yang akan dicapai.
3.
Tindak lanjut
Kegiatan
ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi
yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan
untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya.
Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen,
observasi, latihan dan tes.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan
media pembelajaran adanya persiapan, pelaksanaan/penyaji dan tindak lanjut.
Dalam persiapan tersebut mengacu kepada tenaga pengajar supaya proses
pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan efektif.
0 Responses to "Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran"
Posting Komentar