Alasan
Praktis Pemilihan Media Pembelajaran
Terdapat
beberapa penyebab orang memilih media,
dijelaskan oleh Sadiman (
Rudi Susilana 2011:64) sebagai berikut:
1.
Demonstration
Media berfungsi sabagai
alat peraga pembelajaran, misalnya seorang dosen sedang
menerangkan teknik mengoperasikan Overhead Projector (OHP), pada saat
menjelaskannya menggunakan alat peraga berupa OHP, dengan cara
mendemonstrasikan dosen tersebut menjelaskan, menunjukan dan memperlihatkan
cara-cara mengoperasikan OHP. Contoh lain, seorang guru Biologi akan
membelajarkan siswa tentang bentuk dan struktur sel dengan menggunakan
Mikroskop, maka sebelum pratikum dimulai, sebelum siswa meletakan objek pada
mikroskop untuk diamati maka guru tersebut menunjukan cara kerja Mikroskop sesuai
dengan prosedur yang benar, ini akan memperlancar proses balajar dan
menghindari resiko kerusakan pada alat pratikum yang digunakan. Beberapa alasan
tersebut sering melandasi pengguna dalam menggunakan media yaitu bertujuan
untuk mendemonstrasikan atau memperagakan sesuatu.
2.
Familiarity
Pengguna media
pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena
sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media
tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bisa dan untuk mempelajarinya membutuhkan
waktu, tenaga dan biaya, sehingga secara terus menerus ia menggunakan media
yang sama. Misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan media Over Head Projector (OHP) dan Over Head Transparancy (OHT). Media yang
baik adalah bersifat konstektual sesuai dengan realitas kebutuhan belajar yang
dihadapi siswa. Media OHP lebih tepat untuk mengajarkan konsep dan aspek-aspek
kognitif, dapat digunakan dalam jumlah siswa maksimal 50 orang dengan ruangan
yang tidak terlalu besar dan siswa cenderung pasif tidak dapat melibatkan
secara optimal potensi mental, emosiaonal dan motor skill, karena control
pembalajaran ada pada guru. OHP kurang tepat untuk mengajarakan keterampilan
yang menuntut demonstrasi, praktek langsung yang lebih membuat siswa aktif
secara fisik dan mental. Alasan familiarity
tidak selamanya tepat , jika tidak memperhatikan tujuannya.
3.
Clarity
Mengapa guru
menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan
memberikan penjelasan yang lebih konkrit. Pada praktek pembelajaran, masih
banyak guru tidak menggunkan media atau tanpa media, metode yang digunakan
dengan ceramah (ekspository), cara
seperti ini memang tidak merepotkan guru untuk menyiapkan media, cukup dengan
menguasai materi, maka pembelajaran dapat berlangsung. Namun cara pembelajaran
seperti ini cenderung akan mengakibatkan verbalitas, yaitu pesan yang
disampaikan guru tidak sama dengan persepsi siswa. Disinilah banyak pengguna
media, memiliki alasan bahwa menggunakan media adalah unutuk membuat informasi
lebih jelas dan konkrit sesuai kenyataanya.
4.
Active
Learning
Salah satu aspek yang
harus diupayakan oleh guru dalam pembelajaran adalah siswa harus berperan
secara aktif baik secara fisik, mental, dan emosional. Seperti pendapat Lesle
J. Briggs (1979) menyatakan bahwa media pembelajaran sebagai “the physical means of conveying
instructional content………………book, films, videotapes, etc. lebih jauh Briggs
menyatakan media adalah “alat untuk memberi perangsang bagi peserta didik
supaya terjadi proses belajar. Sedangkan mengenai efektifitas media, Brown
(1970) dengan cara menggaris bawahi bahwa media yang digunakan guru atau siswa
dengan baik dapat mempengaruhi efektifitas program belajar mengajar. Contoh
dilihat pada pelatihan Emotional
Spiritual Question (ESQ), salah satu tujuan pelatihan ini adalah
menumbuhkan seoptimal mungkin motivasi peserta untuk berbuat positif dengan
spirit yang besar dan optiomalisasi potensi individu, diantaranya dengan cara
mengkaji proses dan kejadian serta fenomena alam (ayat qauniyyah), untuk mewujudkan tujuan ini digunakan banyak
visualisasi (media video) untuk memperlihatkan tayangan-tayangan yang mampu
meningkatkan motivasi peserta, dan hasilnya secara empirik terbukti mampu
meningkatkan motivasi peserta.
1 Responses to "Alasan Praktis Pemilihan Media Pembelajaran"
27 Januari 2022 pukul 17.23 #
How To Play Baccarat | Bet £10 Get £50 | Bet UK | The Wolverhampton
If 바카라 you don't want to bet from £10, you can wager on 메리트 카지노 고객센터 the 'Baccarat'. We are looking at you, the individual, with each of 메리트카지노 the
Posting Komentar