A.
Pengertian Prinsip-prinsip perencanaan
Pembuatan perencanaan pembelajaran pada dasarnya adalah mengembangkan dari
setiap komponen pembelajaran, yaitu mengembangkan tujuan, materi, atau isi,
metode dan media serta evaluasi.
Perinsip pembelajaran merupakan kaidah, hukum atau ketentuan-ketentuan yang
harus di jadikan patokan dalam membuat perencanaan pembelajaran. Penyusunan
perencanaan pembelajaran yang di dasarkan pada perinsip yang di tetapkan, maka
akan menghasilkan suatu perencanaan pembelajaran.
B.
Prinsip-prinsip umum perencanaan
Pada pokoknya perinsip-perinsip dalam pembuatan perencanaan pembelajaran (
Astiza : 2010 ) antara lain :
1.
Memperhatikan karakteristik anak
Dalam perencanaan pembelajaran (desain intruksional) harus memperhatikan
kondisi yang ada dalam diri siswa dan kondisi yang ada di luar diri siswa
menurut gagne (Astiza, 1979:13).
2.
Berorientasi pada kurikulum yang berlaku
Perencanaan yang di buat oleh guru seperti dalam bentuk silabus maupun
dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran harus di susun dan di kembangkan
berdasarkan pada kurikulum yang berlaku.
3.
Sistematika kegiatan pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran di kembangkan secaara sistematis dengan
mempertimbangkan urutan dari yang mudah menuju yang kebih sulit, dari yang
bersifat sederhana menuju yang lebih kompleks.
4.
Melengkapi perencanaan pembelajaran
Yaitu dengan menambah instrumen-instrumen pembelajaran, mislanya lembar
kerja siswa, format isian, lembar catatan tertentu di sesuaikan dengan tujuan
pembelajaran yang harus di capai.
5.
Bersifat fleksibel (dinamis)
Perencanaan pembelajaran di sesuaikan dengan situasi dan kondisi saat
berlangsungnya pembelajaran.
6.
Berdasarkan pendekatan sistem
Artinya setiap unsur perencanaan pembelajaran yang di kembangkan harus
merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dan memiliki keterpaduan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Prinsip-prinsip penyusunan perencanaan
pembelajaran umum harus memperhatikan bagaimana karakteristik dari peserta
didik itu sendiri, kemudian bentuk rencana pelaksanaan pembelajarannya pun
harus di susun dan di kembangkan berdasarkan pada kurikulum yang berlaku.
Selain itu, urutan dalam kegiatan pembelajaran di kembangkan secaara sistematis
dengan mempertimbangkan urutan dari yang mudah menuju yang kebih sulit, dari
yang bersifat sederhana menuju yang lebih kompleks. serta dalam merencakannya
pun harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat berlangsungnya
pembelajaran. Untuk itu seorang guru dituntut untuk dapat menguasai
prinsip-prinsip tersebut agar materi yang akan disampaikan sampai pada sasaran
ajar.
C.
Prinsip-prinsip khusus penyusunan perencanaan
pembelajaran
Ada prinsip khusus
lainnya yang harus dipenuhi
dalam pembuatan perencanaan pembelajaran menurut gagne (Astiza, 1979:13), diantaranya:
1.
Spesifik
Selain memenuhi setiap
prinsip perencanaan pembelajaran yang telah dibahas sebelumnya, juga
perencanaan tersebut dibuat secara khusus. Kekhususan ini terutama dikaitkan
dengan setiap kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai oleh siswa.
Dalam setiap
perencanaan selain berisi rumusan setiap komponen perencanaan pembelajaran juga
ada penambahan kekhususan yaitu jenis keterampilan mengajar yang akan
dilatihkan.
2.
Operasional
Yaitu rumusan setiap
unsur dalam perencanaan pembelajaran dirumuskan dengan bahasa yang operasional
dan terstruktur. Operasionalisasi ini terutama berkaitan dengan perilaku yang
harus dicapai atau dikembangkan.
3.
Sistematis
Yaitu penyusunannya
dilakukan secara logis dan berurutan dari mulai identitas mata pelajaran sampai
kegiatan evaluasi.
4.
Jangka pendek
Setiap perencanaan
pembelajaran dibuat untuk setiap kali pertemuan atau latihan yang akan
dilakukan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip khusus juga harus
memperhatikan beberapa aspek diantaranya dalam
setiap perencanaan selain berisi rumusan setiap komponen perencanaan
pembelajaran juga ada penambahan kekhususan yaitu jenis keterampilan mengajar
yang akan dilatihkan, dirumuskan dengan
bahasa yang operasional dan terstruktur, penyusunannya juga dilakukan secara logis secara
berurutan serta pembuatannya pun dibuat hanya seyiap kali pertemuan atau
latihan yang akan dilakukan.


0 Responses to "Prinsip Perencanaan"
Posting Komentar