Kriteria
Khusus
Pemilihan
Media
Erickson
(Hidayat:2011) member saran dalam
mengembangkan kriteria pemilihan media dalam bentuk chek list sebagai berikut:
“Sejumlah
kriteria khusus lainnya dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita
rumuskan dalam satu kata ACTION, yaitu akronim dari; access, cost, technology,
interactivity, organization, dan novelty.
1. Acces
Media yang diperlukan dapat tersedia,
mudah, dan dapat dimanfaatkan siswa
2. Cost
Media yang
akan dipilih atau digunakan, pembiayaannya dapat dijangkau.
3. Technology
Media yang
akan digunakan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya.
4. Interactivity
Media yang akan
dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas. Sehingga
siswa akan terlibat (aktif) baik secara fisik, intelektual dan mental.
5. Organization
Dalam memilih
media pembelajaran tersebut, secara organisatoris mendapatkan dukungan dari
pimpinan sekolah (ada unit organisasi seperti pusat sumber belajar yang
mengelola).
6. Novelty
Media yang
dipilih tersebut memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi
siswa yang belajar.


0 Responses to "Kriteria Khusus Pemilihan Media"
Posting Komentar